AMBILLAH MANASIK HAJIMU DARIKU (SIFAT HAJI NABI SHALLALLAHU ALAIHI WA SALLAM
Oleh
Syaikh Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi
Imam Muslim meriwayatkan dengan sanadnya dari Ja’far bin Muhammad
dari ayahnya ia berkata, “Kami masuk menemui Ja-bir bin ‘Abdillah, ia
bertanya tentang orang yang datang, hingga sampailah padaku, aku pun
berkata, ‘Aku Muhammad bin ‘Ali bin Husain.’ Kemudian beliau mengarahkan
tangannya ke kepala-ku, membuka baju luarku dan baju dalamku, serta
meletakkan tangannya antara kedua putingku sedangkan aku pada saat itu
adalah anak yang baru dewasa. Ia berkata, ‘Selamat datang wahai anak
saudaraku, bertanyalah apa saja yang engkau kehendaki.’ Aku pun bertanya
kepadanya, ia pada saat itu sudah buta. Waktu shalat pun datang, ia
berdiri dengan pakaian yang diselimutkan (ke badannya), setiap ia
meletakkan pakaian itu di atas pundak, ujung-ujungnya terlepas kembali
karena sangat kecilnya pakaian tersebut, sedangkan selendang miliknya ia
letakkan pada kayu tempat menggantung pakaian, beliau mengimami kami.
Setelah itu aku berkata, ‘Beritahukanlah kepadaku tentang haji
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.’ Beliau pun mengisyaratkan
dengan sembilan jarinya, dan berkata, ‘Sesungguhnya Rasulullah
Shallallahu ‘laihi wa sallam tinggal (di Madinah), tidak pergi haji
selama sembilan tahun, kemudian pada tahun kesepuluh diumumkan kepada
halayak bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam akan berangkat
melaksanakan haji. Datanglah ke Madinah manusiayang banyak, semuanya
hendak mengikuti Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengerjakan
seperti apa yang dikerjakannya. Kami pun keluar bersama Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam hingga sampailah kami di Dzul Hulaifah. Di
situ Asma binti ‘Umaisy melahirkan Muhammad bin Abi Bakar, kemudian ia
mengirim pertanyaan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
‘Apa yang harus aku lakukan?’
Beliau menjawab:
اِغْتَسِلِي، وَاسْتَثْفِرِي بِثَوْبٍ وَأَحْرِمِي.
‘Mandilah dan bercawatlah dengan kain (sebagai pembalut), kemudian berihramlah.’
Setelah itu beliau shalat di masjid dan menunggang Qashwa (unta
beliau) hingga apabila unta itu telah sampai di Baida’, aku memandang ke
batas pandanganku di depan beliau dari para pengendara dan pejalan
kaki, begitu pula di sebelah kanan, kiri dan belakang beliau. Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di tengah-tengah kami,
kepadanyalah diturunkan al-Qur-an dan beliaulah yang mengetahui
tafsirannya, apa yang beliau kerjakan kami kerjakan pula, beliau memulai
dengan talbiyah (yang mengandung makna) tauhid:
لَبَّيْكَ اللّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ،
إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ.
‘Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku
penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu.
Segala puji, nikmat dan kerajaan adalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.’
Manusia pun ikut bertalbiyah dengan talbiyah ini, yang mereka pakai
bertalbiyah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah
menambah sedikit pun dari talbiyah ini, beliau terus mengulangi talbiyah
ini.”
Jabir Radhiyallahu anhu berkata lagi, “Kami tidak meniatkan kecuali
haji, kami tidak mengenal umrah hingga kami sampai di Ka’bah bersama
beliau mengusap hajar Aswad, beliau (thawaf sambil) berlari-lari kecil
pada tiga putaran pertama dan berjalan pada empat putaran berikutnya,
kemudian pergi ke Maqam Ibrahim Alaihissallam dan membaca:
وَاتَّخِذُوا مِن مَّقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى
“… Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat shalat…’” [Al-Baqarah: 125]
Beliau menjadikan Maqam Ibrahim berada antara beliau dan Ka’bah.
Ayahku (ayah Ja’far si perawi, yaitu Muhammad) berkata, ‘Aku tidak
mengetahui ucapan ini kecuali dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.’
Beliau membaca dalam shalat dua raka’at itu: قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ
dan قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ . Kemudian beliau kembali mengusap
hajar As-wad. Setelah itu beliau menuju Shafa, ketika dekat dengan
Shafa beliau membaca:
إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِن شَعَائِرِ اللَّهِ
“Sesungguhnya Shafa dan Marwa adalah sebagian dari syi’ar Allah…” [Al-Baqarah: 158]
أَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ.
“Aku memulai dengan apa yang dimulai oleh Allah.”
Beliau pun memulai dari bukit Shafa, menanjakinya sampai beliau
melihat Ka’bah dan menghadap Kiblat, kemudian beliau mengucapkan kalimat
tauhid kepada Allah serta bertakbir, beliau berkata:
لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكَ
وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لاَ إِلهَ إِلاَّ
اللهُ وَحْدَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ
اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ.
“Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah
semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya
segala puji dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada ilah yang
berhak diibadahi dengan benar selain Allah semata. Yang melaksanakan
janji-Nya, membela hamba-Nya (Muhammad) dan mengalahkan golongan musuh
sendirian.”
Di sela-sela itu itu beliau berdo’a dan mengulangi bacaan ini tiga
kali, kemudian beliau turun menuju Marwah hingga ketika kedua telapak
kaki beliau menginjak perut lembah beliau berlari-lari kecil. Ketika
beliau mulai naik menuju bukit Marwah beliau berjalan hingga sampai ke
Marwah, di Marwah beliau mengerjakan seperti apa yang telah dikerjakan
di Shafa, hingga Sa’i beliau berakhir di Marwah, beliau bersabda:
لَوْ أَنِّي اسْتَقْبَلْتُ مِنْ أَمْرِي مَا اسْتَدْبَرْتُ لَمْ أَسُقِ
الْهَدْيَ. وَجَعَلْتُهَا عُمْرَةً. فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ لَيْسَ مَعَهُ
هَدْيٌ فَلْيَحِلَّ. وَلْيَجْعَلْهَا عُمْرَةً.
‘Seandainya aku mengetahui apa yang aku ketahui sekarang niscaya aku
tidak akan membawa hewan sembelihan dan akan aku jadikan hajiku sebagai
umrah. Barangsiapa di antara kalian yang tidak memiliki hewan kurban,
hendaknya ia bertahallul dan menjadikan hajinya sebagai umrah.’
Suraqah bin Malik bin Ju’syum berdiri dan bertanya, ‘Wahai
Rasulullah, apakah untuk tahun ini saja atau untuk selamanya?’ Kemudian
beliau menjalin jari-jeraminya satu dengan yang lain dan bersabda:
دَخَلَتِ الْعُمْرَةُ فِي الْحَجِّ (مَرَّتَيْنِ) لاَ، بَلْ ِلأَبَدٍ أَبَدٍ.
‘Telah masuk umrah dalam haji.’ (Beliau mengulangnya dua kali) ‘Tidak, bahkan untuk selama-lamanya.’
Kemudian ‘Ali datang dari Yaman membawa unta-unta Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menjumpai Fathimah termasuk
orang-orang yang bertahallul, memakai pakaian yang dicelup dan bercelak.
‘Ali pun mengingkari hal ini, Fathimah berkata, ‘Sesungguhnya ayahku
memerintahkanku untuk melakukan hal ini.’”
Berkata (Jabir, perawi hadits ini), “Ketika di ‘Iraq, ‘Ali berkata,
‘Kemudian aku pergi mengadukan apa yang diperbuat oleh Fathimah kepada
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia bertanya kepada beliau
Shallallahu ‘alaihi wa sallam akan apa yang diceritakan Fathimah tentang
beliau, aku juga menceritakan bahwa aku telah mengingkari apa yang
dikerjakan Fathimah ini.’ Beliau bersabda:
صَدَقَتْ صَدَقَتْ، مَاذَا قُلْتَ حِيْنَ فَرَضْتَ الْحَجَّ؟
‘Ia benar, ia benar. Apa yang engkau katakan ketika engkau mengerjakan haji?’
Aku (‘Ali) mengatakan, ‘Ya Rabb-ku, aku berihram dengan apa yang diihramkan oleh Rasul-Mu.”
Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
فَإِنَّ مَعِيَ الْهَدْيَ فَلاَ تَحِلُّ.
‘Aku membawa hewan kurban, maka engkau jangan berta-hallul.’
Berkata (perawi), ‘Hewan kurban yang terkumpul baik yang dibawa oleh
‘Ali Radhiyallahu anhu maupun yang dibawa oleh Nabi Shallallahu alaihi
wa sallam, sebanyak seratus ekor.’”
Berkata (perawi), “Semua jama’ah haji bertahallul dan memendekkan
(mencukur) rambut mereka kecuali Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan
orang-orang yang membawa hewan kurban.
Ketika tiba hari Tarwiyah, mereka semua berangkat menuju Mina, mereka
memulai manasik haji. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki
tunggangannya, kemudian (setelah tiba beliau) mengimami mereka shalat
Zhuhur, ‘Ashar, Maghrib, ‘Isya’, dan Shubuh. Setelah shalat Shubuh
beliau menunggu sebentar sampai terbit matahari, beliau meminta
didirikan kemah untuk beliau di Namirah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa sallam kemudian mulai bertolak, orang-orang Quraisy tidak meragukan
kecuali beliau berhenti di Masy’aril Haram seperti yang dilakukan oleh
orang-orang Quraisy pada zaman Jahiliyah, beliau telah melewati Mina dan
menuju ‘Arafah hingga ketika sampai di (dekat) ‘Arafah beliau
mendapatkan kemahnya telah di pasang di Namirah, beliau pun singgah di
tempat tersebut. Ketika matahari telah tergelincir beliau memerintahkan
agar untanya, al-Qashwa disiapkan, beliau pergi ke tengah-tengah lembah
dan berkhutbah di tengah-tengah manusia, beliau bersabda:
إِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ، كَحُرْمَةِ
يَوْمِكُمْ هذَا، فِي شَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هٰذَا. أَلاَ كُلُّ
شَيْءٍ مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ تَحْتَ قَدَمَيَّ مَوْضُوعٌ،
وَدِمَاءُ الْجَاهِلِيَّةِ مَوْضُوعَةٌ، وَإِنَّ أَوَّلَ دَمٍ أَضَعُ مِنْ
دِمَائِنَا دَمُ ابْنِ رَبِيعَةَ بْنِ الْحَارِثِ، كَانَ مُسْتَرْضِعًا فِي
بَنِي سَعْدٍ فَقَتَلَتْهُ هُذَيْلٌ، وَرِبَا الْجَاهِلِيَّةِ مَوْضُوعٌ،
وَأَوَّلُ رِبًا أَضَعُ رِبَانَا، رِبَا عَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ
الْمُطَّلِبِ. فَإِنَّهُ مَوْضُوعٌ كُلُّهُ. فَاتَّقُوْا اللهِ فِي
النِّسَاءِ. فَإِنَّكُمْ أَخَذْتُمُوهُنَّ بِأَمَانِ اللهِ،
وَاسْتَحْلَلْتُمْ فُرُوجَهُنَّ بِكَلِمَةِ اللهِ. وَلَكُمْ عَلَيْهِنَّ
أَنْ لاَ يُوطِئْنَ فُرُشَكُمْ أَحَداً تَكْرَهُونَهُ. فَإِنْ فَعَلْنَ
ذَلِكَ فَاضْرِبُوهُنَّ ضَرْباً غَيْرَ مُبَرِّحٍ. وَلَهُنَّ عَلَيْكُمْ
رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ. وَقَدْ تَرَكْتُ فِيكُمْ مَا
لَنْ تَضِلُّوا بَعْدَهُ إِنِ اعْتَصَمْتُمْ بِهِ. كِتَابُ اللهِ.
وَأَنْتُمْ تُسْأَلُونَ عَنِّي. فَمَا أَنْتُمْ قَائِلُونَ؟
“Sesungguhnya darah dan harta kalian haram atas kalian seperti
keharaman hari ini, bulan ini dan negeri kalian ini. Ketahuilah
sesungguhnya segala macam perbuatan Jahiliyah (yang telah lalu pada masa
Jahiliyyah) di bawah kedua telapak kakiku telah dilupakan (tidak
dihukum). Darah (pembunuhan) Jahiliyyah (yang telah lalu pada masa
Jahiliyah) telah dilupakan (tidak dihukum). Darah (pembunuhan) pertama
yang dilupakan (tidak dihukum) dari darah-darah kita adalah darah Ibnu
Rabi’ah bin al-Harits, ia disusukan di Bani Sa’ad, lalu dibunuh oleh
Hudzail. Riba Jahiliyyah (yang telah lalu pada masa Jahiliyyah) telah
dilupakan. Riba petama yang dilupakan (tidak dihukum) adalah riba kita,
riba ‘Abbas bin ‘Abdil Muththalib. Semuanya dilupakan (tidak dihukum).
Bertakwalah kepada Allah mengenai (hak-hak) wanita, sesungguhnya kalian
telah mengambil mereka dengan amanah dari Allah dan kemaluan mereka
menjadi halal bagimu dengan kalimat (ijab kabul yang diperintahkan oleh)
Allah. Hakmu atas mereka adalah mereka tidak boleh mengizinkan orang
yang kalian benci menginjakkan kaki di rumah kalian, apabila mereka
mengerjakan hal ini pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakiti.
Hak mereka yang menjadi kewajibanmu adalah memberi mereka nafkah dan
pakaian yang pantas. Aku telah meninggal-kan di tengah-tengah kalian
sesuatu yang apabila kalian ber-pegang teguh kepadanya kalian tidak akan
tersesat; Kitabul-lah. Dan kalian akan ditanya tentang aku, apakah yang
akan kalian katakan?’
Para Sahabat menjawab, ‘Kami bersaksi bahwasanya engkau telah
menyampaikan (risalah Rabb-mu), engkau telah menunaikan (amanah) dan
telah menasehati (umat).’ Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda sambil mengacungkan telunjuk ke langit kemudian
mengarahkannya ke khalayak:
اَللَّهُمَّ اشْهَدْ، اللَّهُمَّ اشْهَدْ. ثَلاَثَ مَرَّاتٍ.
‘Ya Allah saksikanlah, ya Allah saksikanlah.’ Beliau mengucapkannya tiga kali.
Setelah adzan dan iqamat beliau shalat Zhuhur, kemudian iqamat dan
shalat ‘Ashar (qashar dengan jamak taqdim). Beliau tidak melakukan
shalat apa pun lagi di antara keduanya. Lalu beliau menaiki kendaraan
menuju ke tempat wukuf. Beliau merapatkan perut untanya al-Qashwa ke
batu-batu besar. Beliau berhenti di jalan besar dan menghadap kiblat.
Beliau terus wukuf hingga matahari terbenam, rona kuning sedikit demi
sedikit mulai menghilang dan matahari benar-benar tenggelam. Beliau
membonceng Usamah di belakang, kemudian mulai bertolak. Beliau
mengencangkan kendali untanya sampai-sampai kepala unta itu menyentuh
tempat duduk kendaraan. Beliau memberi isyarat dengan tangan kanannya
sambil bersabda:
أَيُّهَا النَّاسُ، اَلسَّكِيْنَةُ، اَلسَّكِينَةُ.
“Wahai sekalian manusia, tetaplah tenang, tetaplah tenang.”
Beliau mengendorkan tali kekang untanya sedikit demi sedikit hingga
unta itu dapat berjalan mendaki. Setibanya di Muzdalifah beliau shalat
Maghrib dan ‘Isya’ dengan satu kali adzan dan dua kali iqamat (qashar
dengan jamak ta’khir), beliau tidak membaca tasbih apa pun di antara
keduanya. Kemudian beliau berbaring hingga fajar terbit. Beliau shalat
Shubuh ketika waktu Shubuh sudah tampak jelas dengan sekali adzan dan
iqamat.
Setelah itu beliau berangkat dengan untanya, al-Qashwa hingga ketika
sampai di Masy’aril Haram beliau menghadap Kiblat, lalu membaca do’a,
takbir dan tahlil kepada Allah. Beliau tetap berada di situ hingga
terang benderang, lalu beliau bertolak sebelum matahari tebit. Beliau
membonceng al-Fadhl bin ‘Abbas, dia adalah seorang laki-laki yang
mempunyai rambut yang indah, berkulit putih dan tampan. Ketika
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertolak lewatlah sejumlah
wanita. Al-Fadhl memandangi mereka, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam pun menutupi wajah al-Fadhl dengan tangannya. Al-Fadhl
memalingkan mukanya ke arah lain untuk memandang mereka, Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memindahkan tangannya dari tempat tadi
ke muka al-Fadhl ke arah yang ia memalingkan wajahnya hingga sampailah
mereka di lembah al-Muhassir. Di situ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam mempercepat kendaraannya sedikit dan memilih jalan tengah yang
keluar menuju Jumrah Kubra.
Setibanya di Jumrah dekat pohon, beliau melempar tujuh kali dengan
batu-batu kecil, di setiap lemparan beliau bertakbir, setiap biji batu
ukurannya sebesar kelingking [1]. Beliau melempar dari tengah-tengah
lembah itu. Kemudian beliau menuju tempat penyembelihan, beliau
menyembelih enam puluh tiga hewan sem-belihan dengan tangannya sendiri,
setelah itu beliau memberi sisanya kepada ‘Ali dan beliau menyertakan
‘Ali dalam sembelihan tersebut. Beliau kemudian memerintahkan agar
mengambil sedikit dari setiap hewan-hewan sembelihan itu, kemudian
dimasukkan dalam satu panci dan dimasak. Mereka berdua pun makan daging
tersebut dan minum kuahnya.
Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki kendaraan
menuju Baitullah (Ka’bah) untuk thawaf Ifadhah dan beliau shalat Zhuhur
di Makkah. Beliau juga mendatangi Bani ‘Abdil Muththalib yang tengah
memberi air minum dari air zamzam dan bersabda:
اِنْزِعُوْا، بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ فَلَوْلاَ أَنْ يَغْلِبَكُمُ النَّاسُ عَلَى سِقَايَتِكُمْ لَنَزَعْتُ مَعَكُمْ.
“Timbalah air, wahai Bani ‘Abdil Muththalib, seandainya aku tidak
khawatir manusia akan mengalahkan kalian dalam usaha mengambil air ini
niscaya aku akan ikut mengambil air bersama kalian.”
Mereka pun menyodorkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam setimba air dan beliau pun meminum air tersebut.”
Berkata Imam an-Nawawi rahimahullah dalam Syarah Shahiih Muslim
(VIII/170), “Ini adalah hadits yang mulia, mengandung beberapa pelajaran
dan kaidah-kaidah penting yang berharga. Berkata al-Qa-dhi, ‘Para ulama
telah banyak memperbincangkan kandungan fi-qih hadits ini. Dari hadits
ini Abu Bakar al-Mundziri telah menulis satu juz kitab tebal, dan beliau
telah mengambil dari hadits ini seratus lima puluh sekian macam hukum
fiqh, seandainya didalami lagi niscaya akan lebih sedikit dari jumlah
tersebut.’”
[Disalin dari kitab Al-Wajiiz fii Fiqhis Sunnah wal Kitaabil Aziiz,
Penulis Syaikh Abdul Azhim bin Badawai al-Khalafi, Edisi Indonesia
Panduan Fiqih Lengkap, Penerjemah Team Tashfiyah LIPIA – Jakarta,
Penerbit Pustaka Ibnu Katsir, Cetakan Pertama Ramadhan 1428 – September
2007M]
sumber : almanhaj.or.id
_______
Footnote
[1]. Berkata Imam Muslim dalam kitab Syarh Shahiih Muslim (VIII/191),
“Ada-pun perkataan beliau, ‘Beliau melempar tujuh kali dengan batu-batu
kecil, di setiap lemparan beliau bertakbir, setiap biji batu sebesar
kelingking.’ Se-perti inilah yang ada dalam naskah, demikian pula apa
yang dibawakan oleh Al-Qadhi ‘Iyadh dari sebagian besar naskah, beliau
berkata, ‘Yang benar sebesar kelingking,’ beliau juga berkata, ‘Demikian
pula yang diriwayatkan oleh selain Imam Muslim dan sebagian perawi Imam
Muslim.’ Inilah per-kataan Al-Qodhi.”
Aku berkata, “Benar, lafazh yang ada di naskah naskah selian lafadz
Imam Mulim seperti itu. Bahkan (lafazh) lainnya tidaklah memiliki
kedudukan dan perkataan ini tidak akan sempurna kecuali dengan lafazh
seperti ini. Sabda beliau “sebesar kelingking,” sebagai catatan bagi
Al-hashayaat (batu-batu kecil), maksudnya: “Beliau melempar tujuh kali
dengan batu-batu ke-cil sebesar kelingking, di setiap lemparan beliau
bertakbir.” Perkataan: “Se-besar kelingking” bersambung dengan
al-hashayaat, dan disisihi di antara keduanya kalimat pernyataan “di
setiap lemparan beliau bertakbir.” Inilah yang benar, wallahu ta’aala
a’lam.